Kamis, 15 Juli 2010

Citarasa Melayu di Seribu Rasa

Bondan Winarno - detikFood














Foto: Bondan W

Jakarta - Satu lagi restoran yang mengedepankan citarasa Peranakan - fusion Tionghoa-Melayu. Restoran ini dikelola oleh Penang Bistro yang sudah lebih dulu punya nama di Jakarta. Dilihat dari tempat maupun penataan dekorasinya, jelas sekali Seribu Rasa diposisikan sebagai restoran fine dining. Tempatnya chic, sekalipun masih dalam batas casual.

Dari menu hidangan pembukanya, dapat dipilih: Tahu Kinabalu (Rp 30 ribu); Kue Pie Tie (Rp 28 ribu), juga disebut Selat Popia; Udang Gulung (Rp 37 ribu); Lumpia Hokkien (Rp 28 ribu), atau Cakwe Seafood (Rp 34 ribu). Beberapa yang sudah saya coba antara lain adalah Tahu Kinabalu, yaitu tahu cincang dicampur ikan asin, lalu digoreng. Udang Gulung-nya juga mantap dengan rasa udang yang intens.

Ada juga hidangan pembuka yang agak berat - kecuali disantap bersama - seperti: Satay Nusantara (Rp 27 ribu); Satay Udang, Sate Sapi, atau Sate Cumi (Rp 29-36 ribu), dan Kerabu Mangga (Rp 26 ribu).

Hidangan utamanya mengedepankan Ikan Jurung Kukus/Goreng, Gulai Kepala Ikan (Rp 90 ribu), Sambal Udang Bukittinggi (Rp 61 ribu), Udang Ronggeng Telur Asin, Kepiting Lada Hitam, dan lain-lain. Semula saya heran, kenapa harga ikan jurung sangat murah di sini - Rp 28 ribu per 100 gram. Padahal, di Medan atau di Pontianak harganya cukup mahal. Ternyata, ini jenis ikan jurung tamiang yang sisiknya tidak seberapa besar. Tetapi, tekstur daging ikannya hampir sama lembutnya dengan ikan jurung yang asli.

Tentu saja, signature dish kawasan Melayu seperti Nasi Lemak Melaka (Rp 46 ribu), Lontong Sayur Medan (Rp 48 ribu), atau Laksa Tuna (Rp 38 ribu) pun harus ada di Seribu Rasa.

Di Seribu Rasa, kita tidak akan pernah salah pilih. Semuanya top markotop! Beberapa di antaranya bahkan harus diacungi dua jempol. Mak nyuss!

Jangan lupa menyisakan ruang di perut untuk kudapan pencuci mulutnya. Ada Ketan Durian Malaka, Es Dawet nDoro Putri, Singkong Gondo Arum, Klappertaart, dan juga Ketan Hitam Mangga.

Seribu Rasa juga menyajikan set menu dengan harga antara Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta untuk lima orang. Juga tersedia empat ruang khusus yang dapat dipakai untuk business luncheon/dinner maupun arisan. (Bondan Winarno)


Seribu Rasa
Jl. H. Agus Salim 128
Jakarta Pusat
021 3928892
www.seriburasa.com

Sumber : www.detikfood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar